Menu

Kurangnya Pendidikan Di Daerah Daerah Terpencil Di Indonesia 1

0 Comment

Kurangnya Pendidikan Di Daerah Daerah Terpencil Di Indonesia
1. TOPIK DAN RUMUSAN MASALAH
Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dan tetap menghargai serta menghormati kebhinekaan dalam setiap aspek kehidupan nasional untuk mencapai tujuan nasional. Wilayah Indonesia merupakan gabungan dari ribuan pulau dan suku dan adat yang berbeda beda sehingga terdapat banyak pro dan kontra jika berbicara tentang masalah yang dihadapi oleh Indonesia terutama dalam bidang pendidikan dimana hanya sebagian besar pendidikan hanya bisa dinikmati oleh pelajar yang berada di kota atau pusat sesuatu wilayah sedangkan yang paling membutuhkan akses pendidikan yang baik adalah masyarkat yang berada di daerah daerah terpencil di Indonesia. Hal ini membuat kebanyakkkan masyarakat di daerah terpencil tidak mendapat dan merasakan pendidkan yang layak sedangkan pendidikan menyandang peran yang sangat penting untuk pembangunan sesebuah negara.

2. LATAR BELAKANG MASALAH

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

Pendidikan merupakan pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan diturunkan dari satu generasi ke generasi melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga terjadi secara otodidak. Semua orang berhak memperoleh pendidikan seperti mana yang ada di UUD 1945 pasal 31 ayat 1 yang berbunyi :
“Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan” yang membawa maksud bahwa semua warga negara baik kecil, besar, muda, tua, pria maupun wanita tanpa terkecuali berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak
Salah satu fungsi pendidikan yaitu mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah. Namun seiring waktu terjadinya peningkatan angka kemiskinan di Indonesia dan itu sering terjadi dari daerah terpencil sehingga membuat pendidikan agak sulit untuk dinikmati oleh tiap warga Indonesia. Beberapa masalah yang menyebabkan mirisnya pendidikan di daerah terpencil di Indonesia.

A. Biaya Pendidikan
Menurut survey yang dilakukan oleh HSBC , Indonesia ternyata masuk dalam 15 besar negara dengan biaya pendidikan termahal Indonesia dan berada di peringkat 13. Orangtua di Indonesia harus menyediakan dana US$ 18.422 atau Rp 239 juta (kurs US$ 1 = Rp 13.000) untuk membiayai pendidikan seorang anak dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga mendapat gelar sarjana strata satu (S-1). Biaya tersebut digunakan untuk membayar uang sekolah, pembelian buku, serta transportasi dan akomodasi. Hal ini menyebabkan orang tua siswa yang mempunyai dana pas pasan tidak dapat melanjutkan anaknya untuk bersekolah dikarenakan dana yang mereka dapatkan hasil bekerja telah habis digunakan untuk kebutuhan sehari hari. Segilintir orang tua akan membiasakan anak mereka untuk bekerja ketimbang bersekolah untuk membantu pekerjaan orang tua disebabkan keterbatasan yang mereka miliki sehingga siswa siswi di daerah terpencil mendapat pendidikan yang minin
B. Sarana Dan Prasaran Yang Kurang
Susahnya akses menuju sekolah menyebabkan sulitnya menjalani proses pendidikan di daerah terpencil. Beberapa tempat terkadang memaksa para siswa untuk berjalan berkilo kilo meter untuk menuju sekolah, ada juga yang harus menyeberangi sungai dan harus berangkat subuh hari untuk tiba di sekolah tepat waktu. Terdapat juga masalah dimana sekolah-sekolah yang ada di daerah terpencil tersebut tidak layak dipakai utnukproses pembelajaran seperti atap sekolah yang bocor , dinding sekolah yang retak , meja dan bangku yang patah dan tidak layak pakai sehingga hal ini membuat tidak ramai siswa kurang bermotivasi untuk belajar di sekolah namun lebih memilih untuk menghabiskan waktu luang untuk bermain bersama teman teman atau membantu perekonomian keluarga.
Selain itu kurangnya fasilitas pendukung untuk belajar seperti perpustakaan, laboratorium, ruang kelas, air bersih dan listrik menyebabkan proses pembelajaran di daerah terpencil tidak berjalan mulu sehingga membuat anak anak yang mempunyai semangat belajar yang besar harus belajar dalam keaddan minimnya fasilitas yang tersedia Jika mau di bandingkan dengan keadaan pemerintah pusat dan daerah, justru gedung DPR, gedung Walikota atau gedung pemerintahan lainnya berdiri kokoh dan megah, sedangkan sebagian kondisi sekolah-sekolah di daerah terpencil tidak layak untuk dijadikan tempat proses belajar mengajar.

C. Kurangnya Tenaga Kerja Profesional
Peran seorang guru sangat berpengaruh dalam kualitas pendidikan. Berdasarkan dari pengalaman para pengajar yang mengatakan bahawa fakta menunjukkan bahwa para guru mengelak untuk mengajar di daerah terpencil dengan beragam alasan dan salah satu alasanya adalah akses ke sekolah yang sulit. Apalagi disaat sekarang sulitnya mencari sukarela untuk bekerja di wilayah terdalam kerana rendahnya gaji yang bakal didapatkan jika dibandingkan kerja di kota kota besar. Gaji yang rendah membuat kehidupan guru di pedalaman susah untuk mengatur baiaya kehidupan sehari hari dan biaya tambahan lainnnya. Selain itu lembaga pendidikan tidak dapat mencetak lulusan yang siap pakai walhasilnya kerja seoarang sarjana yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang mereka perolehi. Kebanyakkan sarjana pendidikan tidak memiliki spesifikasi profesionalisme untuk bekerja di wilayah terpencil kerana sudah terbiasa dengan pola mengajar di kota. Hal yang menunjang enggannya guru untuk mengajar di daerah terpncil adalah dikarenakan kurangnya kesejahteraan para guru yang kerja di wilayah terpencil. Kesejahteraan guru merupakan aspek penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah dalam menunjang terciptanya kinerja yang semakin membaik di kalangan pendidik. Berdasarkan UU No.14/2005 tentang Guru dan Dosen, pasal 14 sampai dengan 16 menyebutkan tentang Hak dan Kewajiban diantaranya, bahwa hak guru dalam memperoleh penghasilan adalah di atas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan sosial, mendapatkan promosi dan penghargaan, berbagai fasilitas untuk meningkatkan kompetensi, berbagai tunjangan seperti tunjangan profesi, fungsional, tunjangan khusus bagi guru di daerah khusus. Salah satu bagian penting yang berperan dalam kemajuan pendidikan didaerah terpencil adalah guru, kesejahteraan guru berdampak pada mutu pengajaran yang ada. Sekarang ini masih banyak guru yang mengabdikan dirinya di daerah terpencil yang dibayar dengan upah yang kurang layak bahkan sama sekali tidak mendapat upah. Meskipun banyak anggapan profesi guru merupakan profesi yang enak namun banyak guru di Indonesia khususnya di daerah terpencil yang masih menerima gaji yang tidak sesuai, apa lagi guru honorer dan guru bantu sehingga mengakibatnya para guru kurang bersemangat dalam mengajar.

3. SOLUSI UNTUK PENDIDIKAN DI DAERAH TERPENCIL

1. Pendidikan Dijaadikan Prioritas Dalam Pembangunan Negara
Pendidikan harus dijadikan prioritas dalam negara kerana dengan pendidikan akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia apabila manusia mempunyai intelektual tinggi, mereka akan mudah bersaing dengan persaingan global sehingga tmembuat negara kita maju. Oleh sebab itu . perhatian pemerintah sangat penting dalam penyediaan saran dan prasarana pendidikan dimana sarana dan prasarana merupakan salah satu pendukung dalam dunia pendidikan, yang dapat membuat suatu sekolah menjadi berkualitas dan bermutu. Ruang-ruang kelas yang menjamin berjalannya proses belajar mengajar dengan baik, meja dan bangku yang layak digunakan, serta sarana dan prasarana laboratorium yang mendukung. Hal ini tentunya menjadi tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah, masyarakat dan pemerintahan harus saling mengkoreksi. Pemerintah seharusnya lebih memperhatikan sarana pendidikan dan memberikan anggaran yang sesuai dengan peraturan yang ada, bukan anggaran yang di peruntukkan membangun dunia pendidikan digunakan untuk hal-hal yang sama sekali tidak berkaitan dengan dunia pendidikan dan malah merugikan dunia pendidikan. Dan masyarakat bertugas mengawasi agar tidak ada kecurangan atau korupsi di dalam penyaluran dana tersebut. Semua pihak harus bekerja sama untuk membuat lingkungan pendidikan yang bermutu, yang selalu ada kemajuan dari waktu-kewaktu agar pendidikan di Indonesia semakin baik dan terhindar dari keterpurukan
2. Guru yang profesional dan merata
Salah satu solusi untuk menyamaratakan pendidikan di Indonesia di daerah daerah terpencil adalah melakukan penugasan guru ke tempat tempat yang minim pendidik. Selain itu, pengangkatan guru honor sehingga membuat mereka lebih bersemangat untuk bekerja dan diiringi dengan peningkatan kesejehteraan guru dengan gaji dan tunjangan yang sesuai dari pihak pemerintah. Selain itu untuk mendapatkan sarja yang siap pakai. Lembaga kependidikan harus melibatkan para mahiswa mahasiswi untuk terjun kelapanagn yang tidak hanya di sekitar lingkungan kampus namun juga di daerah yang terpncil yang mnegalami keterbatasan dalam pendidikan. Seperti program KKN-PPM yang diwajibkan oleh pihak DIKTI. Pihak kampus bisa melibatkan peserta KKN-PPM untuk melakukan program kerja per fakultas di daerah daerah terpencil dimana semoga membawa perubahan di tempat tempat terpencil tersebut.

3. Memiliki Sistem Administrasi Dan Birokrasi Yang Baik Dan Tidak Berbelit Belit
Anggran yang transparan dan biaya yang tidak membebankan bagi masyarakat menengah bawah. Hal ini diharapkan agar semua kalangan dapat menikmati pendidikan tanpa terbebani oleh biaya. Sepeti mana yang kita ketahui, biasanya masyarakat di daerah tempat terpencil hanya mengandalkan hasil alam yang berada di lingkungan mereka sehingga membuatkan mereka sulit untuk mendaftarkan anak anak mereka ke sekolah yang mempunyai sistem administrasi yang susah. Urusan yang terlalu berbelit belit dan biaya yang mahal dianggap membebankan bagi masyarakat golongan menengah bawah sehingga mereka memilih tidak melanjutkan anak mereka ke jenjang persekolahan dan fokus untuk kehidupan sehari hari. Perubahan dalam pengurusan administrasi dan birokrasi pendidikan yang baik dapat mengubah persepsi masyarakat sehingga mereka berminat untuk melanjutkan pendidikan anak anak mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

4. Kesadaran Masyarakat
Kesadaran dini masyarakat tentang pentingnya pendidikan amat berguna untuk di daerah terpencil sehingga mereka tidak berputus asa untuk mendapatkan pendidikan walau mempunya dana yang terbatas. Salah satu cara adalah bergotong rayang dalam memperbaiki dan menjaga fasilitas yang ada untuk tetap menjadi fasilitas pembelajaran yang layak. Para orangtua di Indonesia, perlu didorong untuk memiliki perencanaan keuangan jangka panjang yang strategis agar kebutuhan biaya pendidikan tetap menjadi prioritas tanpa harus mengorbankan kebutuhan-kebutuhan lain. Hal ini penting supaya anak anak mendapatkan pendidikan sewajarnya.

5. Pemerataan Pendidikan
Pemeraatan pendidikan adalah satu proses , cara dan perbuatan melalakukan pemerataan terhadap pelaksaan pendidikan sehingga dapat merasakan pelaksaan pendidikan. Dalam ushaa pemeratan pendidikan, perlunya pengawasan yang serius oleh pemintah. Program pemerataan pendidikan tersebut antara lain membangun sekolah-sekolah di daerah terpencil, menyalurkan tenaga didik ke daerah terpencil, dan melengkapi sarana dan prasarana di daerah tersebut. Kemudian juga mengadakan sosialisasi tentang pentingnya pendidikan untuk anak-anak. Pemberian sarana dan prasrana pendidikan yang dilakukan pemerintah sebaiknya dikerjakan setransparan mungkin, sehingga tidak ada oknum yang dapat mempermainkan program yang dijalankan tersebut.

4. HASIL PEMBAHASAN
Pendidikan merupa hal yang paling penting para era globalisasi terutama dalam memajukan sebuah negara. Di Indonesia sendiri, masalah utama nya adalah pendidikan di daerah terpencil dimana Indonesia mempunyai ribuan pulai dan kebanyyakannya masih belum terekspos ke dunia luar sehingga kita lupa adanya masyarakat yang haus akan pendidikan. Terdapat beberapa solusi yang bisa dilakukan pemerinta seperti meningkatkan profesionalisme seorang guru dalam mendidik tanpa melihat tempat, peningkatan tunjangan buat guru, pemerataan pendidikan dan biaya administrasi yang harus disesuaikan berdasarkan kemampuan sesuatu wilayah. Hal hal tersebut tidak dapat dilakukan tanpa adanyakerjasama dari pemerintah dan masyarakat setempat. Dengan adanya kerjasama yang baik antara masyarakat dan pihak pemerintah maka mutu pendidkan di indonesia akan meningkat. Dengan terjadinya peningkatan mutu pendidkan di indonesia maka sumber daya manusia yang terlahir akan semakin baik sehingga mampu mebawa bangsa indonesia bersaing dalam segala bidang di kancah internasional.

x

Hi!
I'm Amelia

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out
x

Hi!
I'm Annette!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out