Menu

Cara Mengatasi Anak Cacingan Agar Sembuh Apa yang kamu rasakan bila kamu memegang binatang cacing ditanganmu tentu saja menggelikan bukan

Cara Mengatasi Anak Cacingan Agar Sembuh

Apa yang kamu rasakan bila kamu memegang binatang cacing ditanganmu tentu saja menggelikan bukan? Apalagi bila cacing keluar dari tubuhmu tentu saja hal ini akan sangat mengagetkan dan membuat kita ingin mengusirnya agar tidak muncul ditubuh lagi. Anak-anak sendiri terkadang dapat terkena penyakit cacingan. Tentu saja hal ini akan sangat berbahaya bila dibiarkan saja. Untuk itu anak perlu diobati. Berikut ini cara mengatasi anak cacingan agar sembuh.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

1. Bawang Putih
Cara mengatasi anak cacingan yang pertama adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih biasanya diolah pada masakan agar membuat cita rasa masakan menjadi lezat serta enak. Bawang putih sendiri mempunyai rasa yang sangat pedas bila dimakan secara mentah. Beberapa orang biasanya mencampur bawang putih dengan masakan lain ketika akan dimakan. Bawang putih juga memiliki khasiat yang luar biasa yaitu untuk menyembuhkan penyakit. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan anak yang mengalami cacingan. Caranya dengan cara memakan beberapa suing bawang putih. Tentu saja untuk memakan langsung bawang putih akan sulit bagi anak-anak apalagi rasanya sangat pedas dan panas bila dilidah. Untuk itu maka perlu dicampur dengan makanan lain agar anak menyukainya. Konsumsi bawang putih setiap hari agar penyakit cacing pada anak cepat sembuh.

2. Cengkeh
Cengkeh adalah rempah-rempah yang sangat diperlukan untuk kebutuhan masak-memasak. Cengkeh sendiri memiliki ciri khas bila kita cium aromanya. Cengkeh sendiri sangat mudah ditemukan di pasar. Cengkeh juga dapat mengobati berbagai penyakit. Salah satunya adalah untuk menghilangkan cacing pada anak. Dalam hal ini tentu saja kebersihan anus merupakan faktor penting agar anak terbebas dari cacing. Orang tua hanya perlu memasukkan cengkeh pada setiap makanan anak. Pastikan bila anak memakan cengkeh agar cengkeh bekerja untuk membasmi cacing pada tubuh anak.

3. Bawang Merah
Bawang merah yang juga merupakan saudara dari bawang putih ternyata juga berguna untuk menghilangkan cacing pada tubuh anak. Bawang merah memiliki ciri khas bila dihaluskan ataupun kita memotongnya dapat membuat seseorang menjadi menangis. Untuk mengatasi cacing pada tubuh anak maka dapat memanfaatkan air dari bawang merah itu sendiri. Air bawang merah harus diminum oleh anak secara rutin. Bila anak tidak menyukai dengan rasa air bawang merah maka dapat ditambahkan madu agar anak menyukainya.

4. Delima
Buah delima selain rasanya yang enak ternyata juga dapat mengatasi cacingan pada anak. Hal yang perlu disiapkan adalah beberapa biji delima dengan kulitnya. Buahnya bisa dimakan terlebih dahulu namun jangan dibuang untuk biji dan kulitnya. Setelah itu haluskan kulit delima. Kemudian rebus biji delima serta kulitnya hingga mendidih. Saring dan ambil airnya untuk diminum secara rutin.

5. Pare
Pare memiliki ciri khas berwarna hijau dengan bentuk yang lonjong. Di dalam pare terdapat beberapa biji kecil. Buah pare biasanya diolah menjadi tumisan. Untuk rasa tidak perlu ditanya jika pare memiliki rasa yang sangat pahit. Walaupun pare sendiri memiliki rasa yang pahit ternyata pare memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan cacingan pada anak. Ibu dapat memberikan pare yang sudah diolah menjadi tumisan kepada anak. Berikan pare kepada anak secara rutin agar cacing cepat keluar dari tubuh.

6. Lemon
Lemon sendiri menjadi barang favorit bagi semua orang khususnya kaum hawa karena khasiatnya yang sangat multifungsional. Beberapa kosmetik membutuhkan lemon untuk membuat suatu produk make up. Hal inilah yang menyebabkan lemon tidak bisa dilepaskan dari dunia kosmetik. Selain itu juga, lemon digunakan dalam perawatan tubuh bila ingin terlihat cantik natural dengan menjadikan lemon sebagai masker ataupun menghilangkan jerawat dimuka. Lemon sendiri juga memberikan kesegaran bila diminum secara hangat ataupun dingin. Selain buahnya yang diperas untuk digunakan airnya. Bijinya ternyata juga bermanfaat untuk membantu anak dalam menghilangkan cacing pada tubuh. Caranya hanya dengan menghaluskan biji lemon terlebih dahulu kemudian campurkan pada gelas yang berisi air matang lalu minum. Bila perlu berikan pada anak sekali setiap harinya.

7. Wortel
Wortel memiliki ciri khas berwarna orange. Beberapa orang percaya jika wortel dapat menyembuhkan mata minus. Oleh karena itulah beberapa orang memilih meminum jus wortel setiap harinya. Selain itu, wortel juga merupakan makanan kesukaan bagi kelinci. Bila wortel sangat bermanfaat untuk hewan tentu saja wortel juga akan berguna bagi manusia. Salah satu adalah untuk mengatasi anak cacingan. Ibu dapat mengolah wortel dengan cara dijus dan diambil airnya. Berikan jus wortel kepada anak setiap hari bila perlu agar cacing cepat keluar dari tubuh anak.

8. Mangga
Buah mangga memiliki rasa yang manis pada dagingnya bila sudah matang. Namun ketika belum matang tentu saja mangga akan memiliki rasa yang sangat asam. Kulit mangga sendiri memiliki kandungan antelmintik yang berguna untuk mencegah datangnya cacing pada tubuh. Selain itu kulit mangga juga dapat membunuh kuman serta bakteri yang ada di dalam perut. Kulit mangga sendiri hanya perlu direbus selama 10 menit. Kemudian ambil airnya dan ditaruh di dalam gelas. Air kulit mangga akan bekerja untuk membunuh cacing pada tubuh anak.

9. Pepaya
Buah pepaya sendiri biasanya dimanfaatkan untuk melancarkan pencernaan ketika akan mengeluarkan bab. Selain itu, pepaya muda pun menjadi langganan untuk dijadikan santapan ketika akan rujak dengan dicampur sambal. Buah pepaya ternyata juga berguna untuk membasmi cacing pada perut anak. Hal yang perlu disiapkan adalah 2 sendok biji pepaya dengan 1 sendok madu. Pertama-tama biji pepaya dijemur terlebih dahulu agar menjadi kering. Kemudian haluskan biji pepaya menjadi halus. Setelah itu masukkan biji pepaya pada gelas serta isi dengan air panas. Jangan lupa masukkan madu agar membuat rasa menjadi enak. Berikan minuman ini sebanyak 2 kali sehari agar proses penyembuhan semakin cepat. Minuman ini sangat aman bila dikonsumsi oleh anak-anak.

10. Putri Malu
Bila kamu pernah melihat tanaman putri malu pastinya kamu akan mengetahui jika daun putri malu akan menjadi rayu bila disentuh oleh tangan sehingga wajar jika dinamakan putri malu. Putri malu sendiri sudah jarang ditemukan di sekitar rumah padahal tanaman putri malu mempunyai manfaat yang luar biasa untuk tubuh kita. Salah satunya adalah untuk mengatasi cacingan pada anak. Cara mengolah tanaman daun putri malu sendiri adalah dengan cara merebus beberapa daun putri malu. Sebelum diminum saringlah air daun putri malu terlebih dahulu dan tunggu hingga air dalam keadaan dingin.

11. Membersihkan Dubur
Ketika anak mempunyai cacing pada duburnya tentu saja akan membuat gatal dubur anak sehingga anak ingin sekali menggaruk duburnya. Hal ini tentu saja akan sangat berbahaya karena dapat membuat lecet dubur ataupun menimbulkan penyakit lain bila tangan anak dalam keadaan tidak bersih. Dalam hal ini orang tua perlu membantu anak ketika akan membersihkan duburnya dari cacing yang muncul dari duburnya. Orang tua perlu mengajarkan anak tentang bagaimana membersihkan dubur secara benar serta menjaga kebersihan dengan baik. Anak sendiri pastinya tidak akan mengerti dengan apa yang dirasakan karena yang dirasakan anak hanya gatal. Ketika bangun tidur, orang tua perlu membantu anak membersihkan duburnya dari cacing yang merupakan hama bagi perut anak.

12. Cuci Tangan dengan Rutin
Seorang anak sedari kecil juga perlu diajarkan untuk mencuci tangan dengan benar dan secara rutin setelah bermain, makan, buang air ataupun ingin tidur. Dengan mencuci tangan tentu saja akan mencegah penyakit lain yang akan timbul pada anak khususnya cacing. Ajarkan juga agar anak untuk tidak mengigit tangan secara sembarangan ataupun memasukkan tangan ke dalam mulut karena kuman dapat masuk ke dalam tubuh dengan mudah melalui mulut.

x

Hi!
I'm Amelia

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out
x

Hi!
I'm Annette!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out